Powered By Blogger

S M S GRATISSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

group sendang retno kalirejo lampung

Sabtu, 23 April 2011

Domain dan Hosting

Hosting dan domain merupakan bagian yang penting apabila anda ingin membuat website.

Domain
Domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file HTML milik saya maka mereka cukup menulis www.dhimasronggobramantyo.com pada browser maka otomatis website saya akan muncul. Karena domain dhimaronggobramantyo.com telah menjadi milik saya. Anda pun dapat membeli sendiri domain untuk anda, tinggal pilih nama yang bagus dan anda akan memiliki domain anda sendiri. Untuk domain biayanya biasanya pertahun, dan setelah anda memiliki domain maka domain tersebut tidak bisa dimiliki oleh orang lain kecuali anda tidak lagi membayarnya. Jika anda memiliki domain dhimasronggobramantyo.com maka URL(Uniform Resource Locator) anda adalah http://www.dhimasronggobramantyo.com. Dimana saya bisa membeli domain? tenang saja nanti akan saya jelaskan.
Apabila anda telah membeli domain dan masa berlaku domain anda akan habis, segeralah diperpanjang, apabila anda telat 1 hari saja memperpanjangnya, saya berani jamin anda akan kesulitan untuk memperoleh domain anda tersebut

Memilih Domain
Nama domain dhimasronggobramantyo.com merupakan contoh nama domain yang buruk, karena selain panjang nama domain tersebut sulit diingat.

Kebanyakan nama domain yang ada saat ini telah dimiliki orang, jadi anda benar-benar harus memilih nama domain yang unik. Tetapi dalam memilih nama domain anda harus memperhatikan bahwa nama domain anda kalau bisa sesingkat mungkin untuk mengecilkan kemungkinan seseorang salah mengetik domain anda (jangan seperti dhimasronggobramantyo.com yang nama domainnya sangat panjang dan sulit diingat). Jangan lupa domain anda sebaiknya memiliki arti dan gampang diingat, jangan sekali-kalai membeli domain dengan penggabungan angka dan huruf karena akan susah diingat. Domain dengan nama l4k1l4k1.com akan susah diingat. Pilihlah juga domain yang mudah diucapkan, jadi apabila ada ibu-ibu yang sedang bergosip tentang website anda mereka dapat mengucapkan domain anda dengan benar.

Subdomain

Subdomain sebenarnya alamat domain yang masih menjadi bagian dari domain anda, tetapi subdomain dapat anda arahkan ke file HTML yang berbeda dari domain utama anda. Contoh subdomain misalnya http://blog.dhimasronggobramantyo.com yang berarti subdomain blog pada domain dhimasronggobramantyo.com anda dapat memasang subdomain melalui tempat anda membeli domain.
Hosting

Apabila seseorang mengklik domain anda kemudian bagaimana caranya agar dokumen HTML yang ada pada komputer anda bisa ditampilkan? Dokumen-dokumen HTML pada komputer anda harus disimpan ditempat lain, jangan di komputer anda. Anda harus menyewa tempat diperusahaan Hosting untuk menyimpan dokumen anda. Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen HTML anda. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi anda membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file HTML anda. Pembayaran hosting biasanya bulanan.

Dalam memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

   1. Kapasitas: Anda perlu memperhatikan bearapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.
   2. Teknologi yang digunakan: Apakah servernya Linux atau Windows, dan jika anda membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file PHP? Demikian juga apabila anda membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung? Karena itu anda harus teliti sebelum membeli, tanyakan langsung pada perusahaan hosting yang ingin anda beli. Jangan sampai anda membuat website dengan PHP tetapi anda membeli hosting yang tidak mendukung PHP.
   3. Suppot: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin anda beli memiliki layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting anda.
   4. Database: Apabila anda membuat website dinamis, pastikan anda memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.
   5. Backup: Apakah hosting anda membackup data anda setiap hari. Ini penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu (saya pernah mengalaminya).
   6. Bandwith: Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah.



Web Hosting :
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Yang membutuhkan Web Hosting :
Seperti telah dijelaskan diatas, setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, Layanan Publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian berbasis web (blog: web log) akibat ditinggal kekasih.
Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan,
Contoh Pertama : di Indonesia dengan sekitar 100 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site.
Singkatnya, bila anda telah membuat prototip disain yang dapat dibaca oleh internet browser seperti html, maka sudah waktunya anda menaruh disain itu di internet dengan mengupload disain anda ke perusahaan yang melayani penjualan hosting.
Kapan anda membutuhkan Situs Web :
Disaat anda ingin memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, disaat anda ingin orang lain memperoleh informasi yang benar mengenai hal-hal kemanusiaan, disaat anda ingin menyebarluaskan pengetahuan demi kesejahteraan sesama manusia, disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membutuhkan layanan web hosting.
Situs web adalah sebuah channel above the line yang termurah yang ada di pasar saat ini, kemampuan broadcast 24jam seminggu, tak terbatas pada aspek demografis, geografis, menjadikannya positif dalam rasio cost to benefit. Bila anda ingin ditemukan, dikenal, diapresiasi, mengiklankan diri/produk anda, berarti anda wajib memiliki situs web.
Dimana menyewa Web Hosting :
Ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting, ada dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia.
Jangan ragu untuk bertanya, bandingkan fitur kunci seperti kapasitas ruang dan kapasitas bandwidth, jangan tergiur oleh promosi penyelenggara jasa web hosting yang bombastis.
Teknologi apa yang digunakan :
Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan
Bagaimana cara Mengelola Web Hosting :
Setelah anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya bagaimana mengelolanya, hal ini merupakan tantangan yang tidak murah, sebab informasi yang ada harus selalu ditambah dan diperbaharui. Sebuah Tips sederhana yaitu, lakukan persiapan pada posisi Off Line untuk menghemat.
Tipe-tipe Hosting

Hosting ada bermacam-macam, yang peling banyak digunakan adalah virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting (salah satunya milik anda) dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah. Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya. Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Karena anda sudah mengerti anda dapat memilih hosting dengan bijaksana.
Perusahaan penjual hosting

Ada banyak sekali perusahaan yang menjual hosting dan domain. Untuk Indonesia berdasarkan jumlah pengguna paling banyak dipegang oleh masterwebnet, urutan kedua dipegang oleh idwebhost yang terkenal karena harganya yang murah dan urutan ketiga dipegang oleh Singcat yang merupakan perusahaan penjual hosting pertama di Indonesia. Terserah anda ingin memilih yang mana, tetapi ingat perhatikan kebutuhan anda.

Anda telah mengerti mengenai domain dan hosting sekarang anda siap untuk mengonlinekan website anda.

Website, Hosting dan Domain
Setiap website yang ingin tayang di internet harus memiliki hosting dan domain. Hosting adalah lokasi di server untuk penempatan materi website sedangkan domain adalah nama dari website itu sendiri.

Yang perlu memiliki hosting dan domain adalah orang atau lembaga yang ingin memiliki website, yaitu :
   1. Perorangan
   2. Perusahaan
   3. Pebisnis Online

Alasan mengapa tidak memakai hosting dan domain gratis:

  1. Tidak ada support teknis kepada pelanggannya.
  2. Menggunakan subdomain (domain turunan) dari domain induknya yang menurunkan kredibiltas website Anda.
  3. Alamat website susah dihafal karena terlalu panjang.
  4. Menandakan Anda tidak serius dalam berbisnis dan menurunkan kepercayaan calon konsumen .
  5. Tidak ada backup data
  6. Website Anda dapat hilang kapan saja sesuai policy pemilik hosting induk.
  7. Website Anda lebih berharga daripada harga hosting berbayar (bisa mulai dengan Rp. 25.000 setahun.)

Keuntungan membeli Hosting dan Domain :

  1. Dipercaya lebih dari 9500 pengelola website sebagai jaminan kualitas layanan.
  2. Hosting Anda dikelola perusahaan berbadan hukum dengan alamat dan kontak (livechat, ym, email, telpon, fax) yang jelas dan dikelola secara profesional, bukan perorangan.
  3. Support selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun termasuk saat hari libur nasional dan hari raya keagamaan.
  4. Backup harian bagi website Anda.
  5. Harga paling murah, mulai dari Rp.120.000,- per tahun !
6.   Potongan harga progresive untuk order kedua dan perpanjangan. Lihat Detail
  1. Jaminan kepuasan "30 Days Money Back Guarantee". Uang kembali jika tidak puas dalam 30 hari. (100% atau dipotong biaya transfer jika ada).

Cara memulai hosting:

  1. Anda harus membuat materi website terlebih dahulu.
  2. Setelah materi website Anda siap, silakan order layanan hosting dan domain.
  3. Selanjutnya silakan lakukan pembayaran untuk proses aktivasi hosting dan domain Anda. Jangan lupa segera konfirmasikan pembayaran Anda kepada penyedia hosting agar order Anda segera diproses.
  4. Setelah hosting dan domain Anda aktif, silakan upload materi website Anda.
  5. Website Anda sudah siap tayang.

Cara membuat membuat website :

  1. Anda bisa menggunakan scripts siap instal untuk membuat website menggunakan feature fantastico di dalam hosting.
  2. Anda juga bisa memilih Paket Blog atau Paket Beres yang didalamnya sudah tersetup website menggunakan Wordpress atau Joomla.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting

1. Secara Berbayar
Kita harus membeli Domain beserta Hostingnya ke sebuah layanan penjual Domain dan Hosting yang sekarang sudah menjamur di Internet dengan layanan dan fasilitas memadai. Silakan cari di Google dengan kata kunci Domain dan Hosting, Domain Murah pasti akan muncul beberapa layanan penjual domain dan hosting itu sendiri.
2. Secara Gratis
Untuk layanan yang Gratis kita tinggal melakukan registrasi di awal pendaftaran dan sedikit melakukan setting didalamnya.
Ada beberapa layanan gratis untuk domain dan hosting
Untuk domain gratis bisa didapatkan di www.co.cc.com
Untuk hosting bisa didapatkan di www.cjb.net, www.000webhost.com, www.ripway.com, www.geocities.com dll.

Tips Memilih Hosting

Jika anda berencana membuat sebuah web site dengan Domain dan Hosting Berbayar ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini :
1. Kapasitas : Anda yang lebih tahu berapa kapasitas yang diperlukan apa 25MB, 50MB atau 1GB. Tergantung kebutuhan anda, semakin besar kapasitasnya tentu semakin mahal harga sewanya.
2. Support yang diberikan : Pilihlah yang member layanan 24 jam penuh, agar sewaktu-waktu ada trouble anda bisa langsung menghubungi perusahaan tempat anda membeli Hosting tersebut, juga servernya apa Windows atau Linux, juga apa mendukung bahasa pemrograman seperti ASP, JSP, Perl, Python, php ? teliti sebelum membeli jangan terburu-buru.
3. Layanan Backup : Ini sangat penting jika suatu saat anda kehilangan data-data web anda maka anda tidak terlalu pusing karena sudah ter-Backup.
4. Bandwith : Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah.

Perbedaan layanan berbayar dan Gratis
Tentu saja sangat berbeda namanya juga gratis.hehe.
Layanan yang gratis biasanya akan memberi embel-embel (nama web penyedia layanan) diakhir nama web/blog kita, contoh yang mudah adalah blogspot ini, pasti semua blognya ada embel-embel .blogspot.com.

Daftar Register Domain Luar Negeri

Domain Registrar Domain adalah tempat untuk mendaftarkan nama domain yang akan digunakan, sedangkan untuk pengelolaan sistem nama domain diatur oleh ICANN ( The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers ). Untuk menggunakan nama domain di internet terlebih dahulu kita harus meregistrasikan nama domain pada registrar domain, setelah itu baru kita mengatur DNS ke server hosting yang digunakan. Sebenarnya kebanyakan penyedia webhosting indonesia dan luar negeri biasanya sudah menbundel domain dan hosting dalam satu paket tapi Beberapa hari ini saya kebagian job untuk membeli banyak domain untuk keperluan situs dan blog yang numpang hosting di hostingan saya, berhubung saya lihat beberapa tempat registrar domain lokal harga domainnya lumayan mahal (bagi saya yang ingin mencari keuntugan lebih.. :mrgreen:), akhirnya saya keliling untuk mencari registrar domain luar negeri langsung, sekalian mencairkan sedikit dana di paypal dan alertpay (lumayanlah buat beli kopi… :lol:). Setelah saya amati rupanya harga domain di registrar luar lumayan murah di bandingkan registrar lokal dan yang lebih enaknya lagi proses pendafatarannya lebih cepat ( hanya dalam hitungan menit domain sudah berada di tangan ). O ya Registrar domain luar juga banyak digunakan oleh teman-teman yang berbisnis parking domain, Berikut daftar registrar domain luar negeri :

   1. DomainSite.com
   2. Dotster.com
   3. DynaDot.com
   4. eNom.com
   5. GoDaddy.com
   6. Name.com
   7. NameCheap.com
   8. Register.com
   9. Fabulous.com
  10. GKG.net
  11. Moniker.com
  12. SnapNames.com
  13. Triple.com
  14. webmasters.com
  15. web4africa.net
  16. xtraorbit.com
  17. godots.net

Kebanyakan dari registrar domain luar menggunakan credit card dan paypal sebagai alat pembayaran dan hanya sedikit yang menggunakan alertpay.


PayPal Luncurkan Domain Lokal Indonesia

Paypal indonesiaPada hari Jumat (21/11) lalu, Paypal secara resmi mengumumkan peningkatan secara menyeluruh pada sistemnya untuk semakin memudahkan pelanggan di seluruh dunia untuk mengirim dan menerima uang secara online.

Selain itu, perusahaan eBay yang berkantor pusat di San Jose, California ini juga menghadirkan konten yang telah disesuaikan bagi para penggunanya yang berada di 173 negara, meluncurkan sembilan bahasa baru di situs webnya (termasuk bahasa Indonesia), dan memperkenalkan domain PayPal baru untuk sejumlah negara (termasuk Indonesia).

Karena itu, pelanggan yang menggunakan PayPal di negara-negara tersebut akan diarahkan ke situs web lokal masing-masing – untuk konsumen di Tanah Air, bisa mengunjungi www.paypal.com/id yang informasi maupun produknya telah disesuaikan.

Kalau dijumlah, situs web lokal yang dilansir oleh PayPal mencapai 18. Harapannya, pengguna bisa lebih nyaman membeli/menjual secara online menggunakan mata uang lokal dan membayar dengan aman menggunakan saldo rekening, kartu kredit, atau rekening bank.

Para penjual produk juga dapat menerima pembayaran dari jaringan PayPal, yang mencakup 65juta anggota aktif di 190 negara dan 19 mata uang di seluruh dunia, serta menarik saldo PayPal secara langsung ke bank lokal.

Domain Pricing
TLD
Min. year
Register
Transfer
Renew
.com
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.net
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.org
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.info    
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.biz
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.name
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.us
1
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
Rp. 95042.00 IDR
.in
1
Rp. 225000.00IDR
Rp. 225000.00  IDR
Rp. 225000.00  IDR
.asia
1
Rp. 200000.00 IDR
Rp. 200000.00 IDR
Rp. 200000.00 IDR
.tv
1
Rp. 300000.00  IDR
Rp. 300000.00  IDR
Rp. 300000.00  IDR
.co.id
1
Rp. 150000.00 IDR
Rp. 150000.00 IDR
Rp. 150000.00 IDR
.ac.id
1
Rp. 100000.00 IDR
Rp. 100000.00 IDR
Rp. 100000.00 IDR
.or.id
1
Rp. 75000.00  IDR
Rp. 75000.00  IDR
Rp. 75000.00  IDR
.net.id
1
Rp. 150000.00 IDR
Rp. 150000.00 IDR
Rp. 150000.00 IDR
.go.id
1
Rp. 100000.00 IDR
Rp. 100000.00 IDR
Rp. 100000.00 IDR
.sch.id
1
Rp. 75000.00  IDR
Rp. 75000.00  IDR
Rp. 75000.00  IDR



Contoh Web Hosting & Registrasi Domain

EazySmart.com memberikan layanan dan fasilitas hosting terbaik dengan support 24/7 (24 jam sehari dan 7 hari seminggu) serta dedicated staff yang akan mensupport Anda baik melalui chatting, telepon, email, trouble ticket dan SMS.

Seluruh paket hosting dilengkapi CPanel + Fantastico dengan pilihan server IIX maupun USA. Tersedia pula domain murah untuk Anda baik domain Indonesia maupun internasional, mulai 50.000/thn untuk .web.id hingga 95.000/thn untuk .com/.net/.org. Anda mempunyai hak penuh atas domain yang Anda beli melalui Client Area dengan fasilitas :

 - Free Private nameserver
- Free Private Whois
- Free Lock/Unlock
- Nameserver Setting

Selain hosting, EazySmart memberikan solusi virtual private server / VPS IIX dan dedicated server dengan harga yang kompetitif mulai Rp.125 ribu per bulan dengan spesifikasi bandwidth koneksi internasional hingga 2 Mbps.

Double Protection !
- Daily backup
- 30 Days Money Back Guarantee

Progressive Discount !
- Order sekali, diskon berkali-kali, termasuk untuk perpanjangan tahun berikutnya

24 Hours Payment Prize !
- Pilihan Bonus (Double Space, Double Bandwidth dll) untuk order hosting untuk pembayaran dalam 1x24 jam sejak order

Tidak ada komentar:

Posting Komentar